28 Jun 2022
Dunia Islam

Membayangkan Ramadhan dalam Suasana Berbeda

Membayangkan Ramadhan dalam Suasana Berbeda

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Kalau melihat kalender, awal Ramadhan akan jatuh pada tanggal 24 April 2020. Berarti kurang dari 2 minggu lagi. Tapi kepastiannya seperti biasa menunggu keputusan sidang rukyat hilal Kementerian Agama.

Bulan Ramadhan tahun ini dipastikan akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat bulan Ramadhan tahun ini masih dalam masa darurat bencana wabah virus Corona (Covid-19). 

Sebagaimana telah ditetapkan oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) bahwa masa darurat bencana wabah virus Corona (Covid-19) dimulai tanggal 29 Februari sampai dengan 29 Mei 2020.

Imbauan pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing atau physical distancing tentu masih berlaku. Termasuk dalam kegiatan-kegiatan keagamaan.

Terkadang kapasitas masjid menjadi tidak cukup, meluber sampai ke luar. Padahal di bulan lain masjid mampu menampung para jamaahnya. Suasana seperti itu mungkin tidak akan terlihat pada bulan Ramadhan tahun ini.

Setelah shalat Subuh, kegiatan lain yang biasa dilakukan adalah kuliah Subuh. Terutama anak-anak dan remaja yang masih sekolah, mereka akan sangat antusias mengikuti kegiatan kuliah subuh. Mereka berdesak-desakan menyimak dan mendengarkan narasumber yang sedang menyampaikan taushiyahnya

Kirim Komentar